Manfaat Paper Bag dan Tutorial Membuat Paper Bag

23 June 2019 - Kategori Blog

Manfaat Paper Bag Dan Tutorial Membuat Paper Bag

PRODUSEN PAPER BAG MURAH

Manfaat Paper Bag dan Tutorial Membuat Paper Bag- Paper bag atau tas kertas sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia mulai dari kelas pengusaha, pejabat, bahkan sampai penjual baju. Paper bag adalah sebuah wadah yang berupa kantong terbuat dari kertas. Umumnya bahan kantong kertas ini adalah kertas kraft, kertas ivory, art paper, dan kertas karton. Fungsi paper bag kini adalah sebagai media packing pengganti kantong plastik yang mulai dilarang dibeberapa kota di Indonesia. Alasannya adalah kantong plastik termasuk bahan yang tidak ramah lingkungan, sedangkan paper bag adalah wadah yang sangat ramah lingkungan. Hal ini sangat mendorong kepopuleran paper bag di masyarakat. Paper bag memiliki banyak fungsi atau kegunaan, tergantung tujuan anda dalam membuat paper bag tersebut. Berikut ini beberapa fungsi paper bag berdasarkan pengalaman kami dalam membuatkan paper bag untuk klien kami :

  1. Wadah Barang Belanjaan

paper bag murah jogja

Wadah belanjaan di pusat perbelanjaan kini telah banyak menggunakan tas kertas dari pada kantong plastik untuk wadah baju, makanan, parfum, peralatan kecantikan, dan lain-lain.  Paper bag yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan antara lain : paper bag baju, paper bag hijab, paper bag kerudung, dan paper bag makanan.

  1. Media Promosi

Selain sebagai wadah barang belanjaan , paper bag juga bisa digunakan sebagai media promosi produk, event, atau tempat wisata. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mendesain paper bag sesuai produk, event, atau tempat wisata yang ingin dipromosikan. Mereka juga dapat memberi ucapan terima kasih, selamat menikmati, atau hanya sekedar mempromosikan brand produknya. Adapun tas kertas yang sering digunakan untuk promosi  antara lain : tas kertas sovenir, tas kertas oleh-oleh, paper bag acara, dan paper bag hajatan

  1. Pembungkus Kado yang Elegan

Momen berharga seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan hajat lainnya tidak akan lepas dengan namanya hadiah. Hadiah diberikan sebagai bentuk simpati seseorang ke orang lain atas capaian yang telah dilaluinya. Kalau biasanya hadiah hanya dibungkus dengan kertas kado atau kerta koran, kini Anda dapat membungkusnya dengan paper bag agar terlihat lebih elegan. Adapun paper bag yang sering digunakan untuk membungkus kado antara lain : paper bag ulang tahun, paper bag wisuda, paper bag souvenir pernikahan, paper bag bungkus hadiah, dan paper bag acara.

  1. Sebagai Pembungkus Makanan yang Aman

tas kertas murah jogja

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan di masa kini seiring semakin beragamnya makanan yang beredar di masyarakat mulai dari makanan Nusantara, Eropa, Asia, dan makanan khas negara-negara lainnya. Tak hanya soal sajian makanan yang unik dan beragam, bungkus makanan ternyata juga banyak jenisnya. Adapun bungkus makanan yang lazim digunakan untuk membungkus makanan terbuat dari bahan styrofoam, alumunium foil, mika, plastik, kaleng, dan kertas. Semua kemasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan msaing-masing. Berikut penjelasannya :

  1. Kemasan Kertas

Kelebihan :

  • Ramah lingkungan
  • Lebih kaku dan solid
  • Harga relatif murah
  • Lebih mudah dibuat

Kekurangan :

  • Mudah robek
  • mudah terbakar
  • Tidak tahan air
  • Mudah rusak
  1. Kemasan Plastik

Kelebihan :

  • Kedap air dan udara
  • Lebih elastis
  • Tidak mudah rusa

Kekurangan :

  • Susah hancur
  • Tidak ramah lingkungan
  • Mengandung bahan kimia berbahaya
  1. Kemasan Alumunium Foil

Kelebihan :

  • tidak mudah terkontaminasi
  • Kedap air dan udara
  • Tahan panas

Kekurangan :

  • Harga mahal
  • Terdapat bahan kimia berbahaya
  • Dapat memicu penyakit kronis
  1. Kemasan styrofoam

Kelebihan :

  • tahan panas
  • Tahan air
  • Tampilan menarik

Kekurangan :

  • Mudah terkontaminasi
  • Berbahaya bagi kesehatan
  1. Sebagai Bungkus Aksesoris

Bisnis aksesoris kini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia seiring meningkatnya minat orang-orang Indonesia. Beberapa toko aksesoris di Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, dan Jakarta menggunakan tas kertas untuk membungkus produknya. Ukuran paper bag yang digunakan juga beragam sesuai ukuran barang yang diperjualbelikan. Paper bag juga dapat menambah margin keuntungan dari penjualan barang-barang tersebut.

Dari penjelasan di atas dapat kita telaah bersama kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kemasan. Namun kemasan kertas lebih direkomendasikan dari pada kemasan yang lainya. Adapun paper bag yang sering digunakan untuk membungkus makanan antara lain : paper bag snack, paper bag makanan, paper bag toko kue, paper food grade, kantong kertas fried chicken, dan kantong kertas kentang goreng. Harga paper bag sangat terjangkau oleh masyarakat mulai dari Rp1.000 tiap satuannya. Jenis kertas yang digunakan untuk membuat paper bag yaitu kertas kraft, kertas karton , kertas paper art, dan kertas ivory. Semua bahan baku tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, berikut penjelasannya :

  1. Kertas Kraft

paper bag baju

Kertas kraft paling banyak digunakan untuk membuat tas kertas, karena sifatnya yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang, menjadikan kertas ini favorit di kalangan pengusaha kemasan, khususnya paper bag. Tekstur yang sedikit kasar serta warna coklat kayu menambah kesan klasik pada kertas ini. Ada pula Kertas kraft yang berwarna putih, namun hanya memiliki gramatur 150 gram saja. kertas kraft putih mempunyai 2 sisi yang berbeda, satu sisi berwarna putih, sisi lain berwarna coklat. Contoh paper bag yang terbuat dari kertas kraft antara lain : paper bag amplop, paper bag haji dan umroh, tas kertas kado, dan tas kertas baju.

 

 

  1. Kertas Karton

 

Jenis kertas ini bagus digunakan untuk membuat paper bag. Jenis kertas yang memiliki permukaan halus, berwarna putih cerah, serta tekstur yang licin di kedua permukaannya. Warna dasar dari jenis kertas ini adalah putih cerah dan memiliki gramatur yang tebal. Ketebalan yang dimiliki kertas art carton ini mulai dari 190 gsm hingga 310 gsm. Contoh paper bag yang terbuat dari kertas karton antara lain : paper bag hijab, paper bag seminar, paper bag hajatan, paper bag souvenir pernikahan, paper bag coklat, tas kertas batik, dan tas kertas logo

  1. Kertas Ivorypaperbag bridesmaid

Jenis kertas ivory ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan kertas art karton, yang membedakannya adalah permukaan yang licin hanya ada pada satu sisi saja. Sedangkan sisi lainnya tanpa coating. Jika dilihat dari segi warna, kertas ivory memiliki warna dasar putih, namun tidak seterang warna dasar kertas art carton. Jenis seperti ini juga sering digunakan untuk membuat tas kertas. Contoh paper bag yang terbuat dari kertas ivory antara lain : paper bag skincare, paper bag bridesmaid, paper bag hijab, paper bag weding, san paper bag butik.

  1. Kertas Art Paper

Kertas untuk jenis art paper memiliki permukaan yang licin bagian luar dan dalam. Selain itu memiliki permukaan kertas yang halus meskipun terbilang lebih tipis daripada kertas art carton. Gramatur kertas art paper berkisar antara 100 gsm hingga 150 gsm, dan banyak digunakan untuk bahan kalender dinding dan juga brosur. Contoh paper bag yang terbuat dari kertas art paper antara lain : tas kertas kado, tas kerrtas hajatan, paper bag custom, paper bag kosmetik, dan paper bag zara.

Paper bag sangat mudah dan praktis dalam pembuatannya bahkan tanpa mesin sekalipun. Produksi paper bag di Indonesia rata-rata masih dilakukan secara manual. Rata-rata produsen paper bag di Indonesia masih bersiat industri padat karya. Industri paper bag telah terbukti dapat membuka lapangan pekerjaan. Proses pembuatan yang mudah dan cepat adalah faktor utama mengapa industri paper bag semakin berkembang di berbagai kota. Adapaun langkah-langkah untuk membuat paper bag secara manual adalah sebagai berikut :

  1. Mendesain paper bag

desain paper bag

Tahap awal dalam membuat paper bag adalah menentukan desain paper yang diinginkan. Pembuatan desain ini rata-rata masih menggunakan aplikasi Corel draw dan dikerjakan oleh desainer dari sebuah produsen paper bag.

  1. Mencetak paper bag

Tahapan berikutnya adalah mencetak desain paper bag yang sudah dibuat sebelumnya. Paper bag biasa dicetak dengan teknik offset dan printing. Biasanya paper bag dengan sablon offset dicetak bila jumlah paper bag sedikit, sedangkan paper bag printing dicetak bila ada orederan paper bag dalam jumlah banyak.

 

  1. Laminasi paper bag

Tahap berikutnya adalah melaminasi paper bag dengan tujuan memberikan lapisan pada paper bag agar paper bag lebih halus dan terlihat lebih elegan. Laminasi paper bag terdapat dua jenis yaitu glossy dan doff. Laminasi glossy memberikan kesan mengkilat pada paper bag, sedangkan laminasi doff memberikan kesan pekat pada paper bag. Namun laminasi paper bag hanya bisa digunakan pada paper bag ivory dan paper art. Paper bag kraft dan karton umumnya tidak menggunakan laminasi.

  1. Melipat paper bag

Tahapan melibat paper bag adalah tahapan inti dalam proses membuat paper bag. Pelipatan paper bag ini menentukan pola dan variasi dari paper bag itu sendiri. Jenis paper bag sendiri terbagi menjadi paper bag pond, paper bag tali, paper bag tanpa tali, dan paper bag amplop.

  1. Tali paper bag

paper bag pernikahan

Proses pembuatan paper bag berikutnya adalah meberi tali paper bag. Tali yang digunakan ada tali lilit, tali pita, dan tali koor. Tali lilit terbuat dari kertas karton yang dililit sampai membentuk tali, tali pita terbuat dari pita, dan tali koor tebuat dari tali koor yang bahannya kuat. Selain menambahkan tali paper bag, sering juga diberi tambahan eye let atau mata ayam agar tampilan paper bag lebih menarik. Tahap ini adalah tahap terakhir dalam membuat paper bag, sehingga paper bag siap digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti wadah pakaian, peralatan kecantikan, skin care, barang butik, parum, hingga makanan.

Produsen paper bag kini telah berkembang di berbagai kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Kudus, Solo, Tangerang dan masih banyak kota lainnya. Harga paper bag di setiap kota juga beragam, hal tersebut dikarenakan distribusi bahan paper bag yang belum merata. Masih banyak UMKM yang susah berkembang karena bahan paper bag masih dikuasai oleh pemain besar. Hal ini membuat para produsen besar memonopoli bahan baku tersebut. Hal ini juga menyebabkan para produsen besar paper bag dapat memberikan harga paper bag yang murah karena mereka dapat mencapai skala produksi. Namun hal unik justru terjadi pada www.paperbagone.com, dimana dia adalah produsen paper bag yang masih berskala UMKM tetapi dapat memproduksi paper bag dalam jumlah banyak. Perusahaan Paper Bag One merupakan perusahaan percetakan yang berada di Jl. Sambung Rasa 2 57-47, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Produk percetakan yang paling berkembang yaitu paper bag. Perusahaan tersebut didirikan oleh Fajar Arif Mujiburahman dan Filza Zata Lina. Mereka merupakan alumni dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Awalnya mereka memulai bisnis pada bangku perkuliahan. Setelah lulus kuliah mereka memutuskan untuk menikah dan kemudian mendirikan perusahaan percetakan. Perusahaan Paper Bag One didirikan oleh Arif dan Zata pada tahun 2015. Sebelum memulai awal karirnya diperusahaan percetakan Arif sudah berbisnis kuliner yaitu membuat kripik dari sayuran. Pada waktu itu bisnisnya tersebut sudah sampai di kabupaten untuk membuat PIRT dan hampir berhasil, namun kendalanya tidak memiliki waktu untuk mengurusi usaha tersebut. Kemudian teralihkan di bisnis paper bag, yang hanya jual beli dan pada akhirnya sudah bisa membuat produk sendiri. Bermula dari mbak Zata yang bekerja di sebuah perusahaan percetakan, dan mas Arief ingin menjadi agen mbak Zata tersebut.  Kemudian beliau melihat apa saja produk yang dijual pada percetakan tersebut. Produk yang di jual salah satunya yaitu paper bag. Mas Arif memilih produk ini karena mudah dibuat dan mencobanya untuk membuat paper bag sendiri. Kemudian beliau membeli bahan-bahan untuk membuat paper bag dengan melipat-lipat kertas sendiri di salah satu kost-kost teman kuliahnya. Dulu membuat produk tersebut tidak semudah sekarang, membutuhkan waktu berjam-jam untuk melipat kertas. Dari situ bisa berjalan dan bekerjasama dengan banyak orang untuk mendirikan perusahaan tersebut. Pada bulan Desember 2016 memulai membuat kantor dan tim yang didirikan mereka berdua. Kemudian kantor dibuka dan diresmikan pada bulan januari 2017. Pada waktu itu hanya memiliki dua karyawan. Setelah berjalannya waktu, perusahaan tersebut kurang lebih memiliki delapan staf di kantor. Beliau mengungkapkan bahwa produk persaingan itu selalu ada, apabila produk tersebut laku di pasar berarti ada kompetisinya. Sedangkan apabila produk tersebut tidak ada kompetisi maka produk tersebut tidak laku. Cara menghadapi kompetisi tersebut, beliau mengatakan bahwa ia melihat kompetitor melihat produk yang lebih bagus dari perusahaan lainnya apabila tidak bagus ia tinggalkan. Pada intinya ia melihat produk yang lebih bagus. Kompetitor dijadikannya sebagai tempat pembelajaran bagi perusahaannya. Ia juga mengatakan daripada meniru kompetitor lebih baik membuat inovasi sendiri. Jadi perusahaan paper bag tersebut banyak ditiru kompetitor. Untuk mengatasi kompetitor perusahaan terus maju dan selalu membuat inovasi harus ada diferensial antara perusahaan dengan kompetitor. Ia menargetkan perbulan minimal ada satu produk yang launching. Misalkan bulan Desember launching kalender karena akan memasuki tahun baru atau paper bag yang menambah model baru lagi. Sehingga perusahaan tersebut dapat survei dari kompetisi. Produk paper bag yang kecil memasang target minimal pemesanan 500. Kemudian berinovasi dengan membuat pesanan bahkan hanya 50 pcs saja. Perusahaan mereka membuat ukuran yang baru dengan 50 pcs. Perusahaan ini mempromosikan belum pernah menggunakan brosur. Perusahaan tersebut lebih memanfaatkan keseluruhan media sosial sebagai ajang mempromosikan produk mereka. Untuk kedepannya secara keselurahan promosi dengan digital marketing diantaranya email marketing, marketplace,  Instagram, Facebook, dan website. Kedepannya siap mempunyai anggaran untuk iklan. Sekarang perusahaan tersebut sudah memakai paid promote dan endorse dalam bentuk promosi produk mereka. Jika Anda berminat untuk memesan paper bag, Anda dapat melihat contoh produknya di www.paperbagone.com.

Demikian penjelasan saya mengenai manfaat dari paper bag dan proses pembuatannya. Semoga bermanfaat.

, , , , ,