4 Kota Ini Telah Melarang Penggunaan Plastik, Kotamu Kapan?

06 February 2019 - Kategori Blog

no plastikPolusi plastik telah menjadi perbincangan serius di berbagai belakangan ini. Indonesia adalah negara kedua penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia. Fakta inilah yang membuat beberapa kota di Indonesia mulai menerapkan aturan larangan penggunaan kantong plastik. Bahkan mereka telah menuangkannya dalam Perda untuk menunjukkan kesungguhan mereka dalam mengurangi penggunaan plastik. Berikut kota-kota tersebut :

  1. Banjarmasin

Pemerintah Kota Banjarmasin telah mengesahkan Peraturan Daerah yang berlaku sejak 1 Juni 2016, tertuang pada Peraturan Wali Kota (Perwali) Banjarmasin Nomor 18 tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik. Kebijakan larangan penggunaan kantong plastik dilakukan pada pusat perbelanjaan modern. Masyarakat Banjarmasin diharuskan membawa kantong sendiri ketika berbelanja. Sejak peraturan daerah ini diterapkan, dalam waktu 2 tahun, Kota Banjarmasin berhasil mengurangi 54 juta lembar kantong plastik.

2. Balikpapan

Sejak Juni 2018, Kota Balikpapan menjadi kota kedua yang mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 8 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Sejak peraturan tesebut dikeluarkan, sudah ada 70 sampai 80 retail modern yang wajib memberlakukan aturan tersebut. Sementara, untuk penanganan sampah plastik di pasar tradisional, masih terus dilakukan sosialisasi dan pengalihan. Bila hal ini berhasil dijalankan, maka Kota Balikpapan bisa membantu mengurangi hingga 90 ribu lembar kantong plastik setiap bulan.

polusi plastik3. Bogor

Pemerintah Kota Bogor telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 61 tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Peraturan ini sudah berlaku mulai 1 Desember 2018 di pusat perbelanjaan modern, seperti pasar swalayan, mal, dan minimarket.

4. Denpasar

Pemerintah Kota Denpasar juga mengeluarkan larangan penggunaan kantong plastik di toko-toko modern dan pusat perbelanjaan pada 1 Januari 2019. Kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik di Bali sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu. Namun, Pemkot Denpasar baru mulai melakukan sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik. Selain di toko modern dan pusat perbelanjaan, larangan ini juga akan diterapkan di pasar tradisional dengan memberlakukan penggunaan troli (kereta belanja).

 

Mau sampai kapan kita jadi negara penyumbang sampah plastik? Yuk bantu selamatkan bumi dengan tidak menggunakan kantong plastik. #2019gayatanpaplastik

, , ,

 
Chat via Whatsapp